Tips Sederhana namun Jitu dalam Membedakan Mana Perhiasan Berlian Asli dan Palsu


Saat ini, siapa sih yang tidak mau memiliki berlian? Tentu semua orang pasti akan menginginkannya. Apalagi nilai jual dari perhiasan ini tergolong tinggi, sehingga cocok untuk dijadikan investasi masa depan. Bahkan sekarang, tak sedikit yang menggunakan cincin kawin dengan bermatakan berlian. Harga permata yang asli beragam harganya dan tentu tidaklah murah. Jadi, sebagai orang awam tentang berlian lebih baik jangan tertipu dengan harga yang murah.  Tanyakan sedetail mungkin tentang berlian atau perhiasan yang kamu beli. Bila perlu tanyakan surat dari cincin tersebut.

Namun sayangnya seiring dengan eksistensinya, sekarang ini banyak bermunculan produk berlian palsu di pasaran. Hal ini tentunya sangat meresahkan. Sebab jika sampai salah membeli, maka uang yang kita keluarkan dalam jumlah yang tak sedikit tesebut, akan hangus dan terbuang sia-sia. Oleh karena itu, sebaiknya berhati-hati saat berencana akan membeli perhiasan berlian. Dari kasat mata berlian asli dan palsu memang sulit dibedakan karena bentuknya yang hampir mirip dan kilauan nya yang sama.

Nah, agar Anda tidak tertipu, berikut ini tips cara membedakan mana sih perhiasan berlian asli dan mana yang palsu.

Tips Membedakan Perhiasan Berlian Asli atau Palsu

1. Lihatlah Tekstur Permukaannya

Tips pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengamati tekstur permukaannya. Ciri khas dari perhiasan berlian asli adalah memiliki tekstur permukaan yang keras, sebab berlian ini memang berasal dari logam terkeras yang ada di bumi. Maka berlian yang asli tidak akan mudah retak atau pecah. Maka untuk menguji keasliannya, Anda bisa sedikit membenturkannya pada permukaan suatu benda. Jika muncul retakan atau bahkan pecah, maka bisa dipastikan bahwa perhiasan tersebut adalah imitasi atau palsu. Cukup jatuhkan saja berlian tersebut jangan dibanting terlalu kuat.

2. Cobalah Untuk Menggoreskannya Pada Permukaan Suatu Benda

Selanjutnya Anda bisa menggoreskan permukaan berlian pada sebuah permukaan suatu benda, misalnya pada kaca. Nah, jika muncul goresan pada permukaan berlian, maka besar kemungkinan itu adalah palsu. Sebab kaca tidak lebih keras dari berlian. Sehingga saat kedua benda ini saling bergesekan, maka harusnya kaca yang tergores, bukan berliannya. Maka saat Anda menemukan kasus seperti ini, sebaiknya jangan membeli berlian tersebut.

3. Cobalah Menenggelamkan Berlian Tersebut di Dalam Air

Tips mudah lainnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan menenggelamkannya di dalam air. Jika perhiasan tersebut tenggelam, maka kemungkinan besar itu adalah berlian asli. Sebab kerapatan berlian asli memang lebih tinggi, sehingga saat dimasukan ke dalam air tentu akan tenggelam. Sedangkan berlian palsu umumnya akan terapung atau melayang di dalam air. Bagaimana, mudah bukan?

4. Hembuskanlah Nafas Anda pada Permukaan Berlian

Berikutnya tips yang sering dilakukan oleh orang-orang saat akan membeli perhiasan, yaitu dengan menghembuskan nafas tepat di permukaannya. Pada berlian asli tidak akan menghasilkan sisa kabut, saat nafas Anda berhembus di permukaannya. Kalau pun ada kabut, itu akan hilang seketika dalam waktu cepat. Lain halnya dengan berlian palsu, yang meninggalkan bekas kabut dan uap air di permukaannya, saat Anda menghembuskan nafas padanya. Cukup simpel, bukan?

Nah itulah tips sederhana untuk membedakan mana berlian yang asli dan mana berlian yang palsu. Jangan tertipu dari fisik berlian yang sangat berkilau. Tetapi lihatlah dengan teliti. Semoga tips diatas bermanfaat. Untuk mencari cincin emas yang asli bisa cek di http://spillajewelry.com


Leave a Reply